Dalam rangka mengikuti kegiatan Ristekdikti kami mengikuti kegiatan X-Mas International Party yang diadakan oleh Mahasiswa Technische Universität Dresden 7 Desember 2018.

Kegiatan ini menarik karena sifatnya international mulai dari kuliner sampai dengan Seni dari berbagai negara ditampilkan pada kegiatan ini. Dan dari Indonesia diberikan ruang proporsional yang luar biasa.

Untuk kuliner saya cuma photo kuliner Indonesia yaitu nasi kuning dan tempe mendoan. mendapatkan ini di Germany rasanya sesuatu banget ditengah hausnya masakan indonesia.

Dengan thema tahun ini Indonesia Special Focus membuat saya sangat terharu. Kegiatan acara dimulai dengan kata pembuka Rektor TU Dresden Prof. Hans Müller-Steinhagen, dengan asesoris di depannya adalah Wayang Golek, serasa semua isi gedung melihat Indonesia, dan begitu rektor selesai dengan kata sambutannya langsung disambut dengan tarik Jaipong, Woww Amazing.

Source : Twitter @tudresden_de

Beberapa yang berkesan dari acara tersebut antara lain. :

1. Pagelaran seni indonesia ada 3 yaitu Jaipongan, Angklung dan Musik Dayak. Untuk pemain musik angklung banyak pemainnya dari China dan Jepang.

 

2. Untuk peserta India dan Pakistan dijadikan satu dengan penampilan Drama narasi. Thema yang diusung sangat menaik sekali, yaitu mereka cerita tentang pertikaian dua negara India dan Pakistan, cerita panjang Hindu – Muslim yang selalu ribut. Dan bagaimana pertama kali di Dresden mereka kenalan sampai akhirnya mereka menjadi Sahabat Dekat di TU Dresden. Main Point adalah tak kenal maka tak sayang, setelah saling mengenal ternyata ada rasa Kasih dan Sayang.

3. Permainan Musik Dayak, pesona dayaknya kental sekali terutama saat alunan musik, dan tanpa jeda langsung dibawa ke Tari Kecak Bali. Luar biasa.

Source : Twitter @tudresden_de

dan yang terakhir permainan musik band dari Mahasiswa TU Dresden dengan menampilkan 3 lagi yang ditutup dengan manis lagu Feliz Navidad

Tidak ada upacara keagamaan secara khusus. yang ada cuma Intenational Party

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *